Selasa, 20 November 2012

Jenis Bahan Gaun Pengantin

Gaun Pengantin selalu mengundang kagum tiap orang yang membuat, karna pada designer membuat gown ini dengan perasaan dan tentunya pengetahuan yang dalam tentang jenis bahan untuk gaun pengantin yang spesial. Banyak calon pengantin hanya mengetahui design gown yang diinginkan tanpa tau bahan yang digunakan, sehingga seringkali terjadi salah dalam pengaplikasiannya. Design yang bagus tapi bahan yang dipake salah akan membuat gaun tersebut menjadi aneh bentuknya, makanya pas gw nemu artikel ini di salah satu blog, jadi gatal pengen berbagi pada teman - teman.

Berikut beberapa bahan kain yang sering digunakan untuk gaun pengantin:
 
Brocade
Kain yang dalam Bahasa Indonesia ini disebut dengan brokat, memiliki arti dekorasi atau kain yang disulam dalam Bahasa Latin. Umumnya terbuat dari bahan sutra, katun, polyester maupun viscose. Desain umumnya berbentuk bunga trasparan dengan berbagai warna. Jenis kain ini memberikan pesona tersendiri dengan kesan mewah dan elegan.

Satin
Materi kain ini berat namun halus dipakai. Kain dengan ciri khas yang mengilap ini akan menambah kesan glamor. Apalagi jika ditambah dengan aksen renda dan ornamen lain yang akan memberikan efek anggun. Semakin tinggi kualitas satin, maka akan semakin lembut dan jatuh dengan baik di tubuh. Perlu diingat bahwa kain ini tidak cocok digunakan untuk ball gown.

Organza
Organza tepat untuk gaun pengantin dengan desain lengan yang menggembung atau mengembang pada bagian skirt karena biasa digunakan sebagai ruffle. Selain itu, bentuk garis dan lipatannya yang berkesan indah tanpa harus menambah materi kain lainnya. Kain ini lebih kaku dari chiffon, dan lebih tebal dari taffeta. Kain ini sering ditemukan untuk gaun pengantin.

Chiffon
Ini adalah salah satu jenis kain favorit calon pengantin karena bahannya yang tipis, transparan, dan ringan. Sehingga membuat kain tampak melayang dan lembut menggantung saat dikenakan. Tapi sayangnya kain ini mudah kusut.

Taffeta
Terbuat dari sutra ataupun bahan sintetis campuran. Gaun dengan bahan ini terasa lembut dan ringan saat dikenakan. Taffeta memiliki ciri khas kilau yang berserat, dan biasanya digabungkan dengan kain lain. Alur tenunan Taffeta biasanya terlihat jelas. Bahan ini cocok untuk desain minimalis.

Lace
Dikenal dengan brokat yang berenda, adalah bahan yang terbuat dari campuran linen, sutra, dan katun. Pada umumnya rendanya berbentuk bunga dengan pola berlubang-lubang. Kain jenis ini bisa memberi kesan feminin dan elegan.

Tulle
Umumnya bahan transparan ini digunakan sebagai tambahan luar gaun dan penutup wajah. Bahan ini terbuat dari campuran sutra, rayon, dan nilon. Selain itu bahan ini juga memiliki kesan yang melayang dan menciptakan siluet menggembung, serta bersifat elastis.

Silk Charmeuse
Bahan ini paling mewah digunakan sebagai gaun pengantin, karena memberikan hasil yang glamor dan elegan. Gaun ini juga memberikan efek berkilau, yang dapat menonjolkan keindahan bentuk tubuh.

Source From : Klik Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ur comment make me happy friend ^___^