Senin, 14 Juli 2014

Dokumen Pernikahan Di Gereja & Catatan Sipil

Liat Daisy Path astaga angkany udh kurang dari 100 hari, kemajuan buat resepsi sih belum ada kemajuan banyak, karna gw ma budi lebih fokus buat ngurusin untuk lengkapi syarat2 untuk pernikahan di gereja dan catatan sipil dan per hari ini semua data udh masuk ke gereja dan catatan sipil *fiuhhh lap keringat sebesar jagung* hahahha beneran stress banget gw ngurusin dokumen2 yg diperluin sampai ribut ma budi tapi semua udh berlalu...sekarang kita lagi santai2 sambil ngelarin list tamu undangan dan nunggu panggilan buat Kanonik sama panggilan buat ngelunasin semua biaya2 *menatap nanar ke rekening*.
Gw nulis beginian mungkin sebagian org pada mikir "haizz mira ini mah tinggal googling aja juga nemu semua tapi tujuan gw nulis ini sekedar untuk cross check dengan temen2 yg lagi prepare takut2 ada yang kurang trus buat yang lagi mao persiapan semoga bisa berguna yaa teman. Nah persiapan dokumen pernikahan gw kenapa ribet and rumit karna kita melibatkan 5 gereja, yupp bener 5 gereja karna pertama budi itu warga paroki St Helena Lippo Karawaci & gw itu warga paroki Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata Cibubur dan seperti yang kalian tau gw ma budi akan menikah di Gereja St. Monika BSD Serpong , gmn? ribet kan? trus kita melibatkan 2 gereja lagi untuk memperbarui surat baptis kita berdua yang mana budi itu dibaptis di Paroki St Yohanes Penginjil Blok B Jkt Selatan dan gw dibaptis di Paroki St Paulus Singaraja Bali hahahahha nah bener kan gw ndk boong klo ngelibatin 5 gereja. Jadi persyaratan pernikahan tiap gereja kan beda2 yaa , jadi syarat di 3 gereja kita campurkan jadi satu duh udh mabok dah gw tapi untung or ini rencana Tuhan yaa kita bisa dapat Gereja St Monika BSD u/ melangsungkan pernikahan karna paroki ini astaga baik banget, ndk ribet, simple, praktis dan ndk banyak nuntut ke pengantinnya, Puji Tuhan banget deh, Nah Detail persyaratan pernikahan yang gw share ini udh dari hasil perpaduan 3 gereja yang telah di acc ma Paroki St monika BSD.

1. Syarat Pernikahan Gereja
[   ]  Mengisi surat permohonan menikah dari Gereja --> Lebih tepatnya kita booking tanggal dan jam buat pemberkatan yaa plus booking romonya, yailah lah wlpn tanggal dan jam udh dapat tapi romony ndk bisa kan sama aja gigit jari hehehehe, untuk ini kita deal ma romonya langsung yg akan memberkati kita dan dipilihi Jam 09 pagi untuk pemberkatannya *astaga pusing lagi klo inget pemberkatan sepagi itu karna gw kudu jam 4 pagi udh didpn pintu bridal gw* dan romo yang berkati kita ternyata romo kepala paroki st monika bsd yang jadi fave hahahhaha gw pikir cuma romo biasa dapatnya...yaa puji tuhan banget
[   ]  Surat babtis terbaru (maksimal 6 bulan sebelum tanggal pernikahan) --> jadi 6 bulan itu dihitung dari tanggal kita menikah yaa , sprt gw married tgl 11 okt 2014 jadi paling cepet minta pembaharuan surat baptis di gereja kita di baptis itu tanggal 11 mei 2014
[   ]  Sertifikat Kursus Persiapan Perkawinan Asli -->  Tinggal ikut KPP selama 2 / 3 kali pertemuan , diakhir pertemuan di hari terakhir kita udh pegang sertifikat KPP kok hehehhehe
 [   ]  Foto berwarna 4 x 6 berdampingan sebanyak 4 lembar, pria sebelah kanan -->  Nah ini simple banget kan tinggal foto aja tapi buat kita agak ribet dikit sih karna kita kudu nyiapin 2 background untuk keperluan KPP , Kanonik dan Catatan Sipil jadi waktu KPP di St Helena perlunya background biru tapi pas daftar kanonik ma catatan sipil perlunya warna merah *fiuhh lap keringet lagi*
[   ]  Membuat surat pernyataan bermaterai bagi calon non katolik ( bahwa bersedia menikah secara Katolik tanpa paksaan dari pihak manapun juga, ditandatangani ybs dan orang tua) -->  ini kita ndk pake yaa karna kita berdua sama2 katolik
[   ]  Bagi calon non katolik harus membawa 2 saksi Katolik saat pelaksanaan Kanonik dengan membawa fotokopo KTP dan surat babtis-->  ini kita ndk pake yaa karna kita berdua sama2 katolik
[   ]  Surat Dispensasi beda Gereja/Agama (diurus oleh Petugas Sekretariat)-->  ini kita ndk pake yaa karna kita berdua sama2 katolik
[   ]  Surat Ijin/ Delegasi  (diurus oleh Petugas Sekretariat)-->  klo ini kita perlu karna kita menikah di paroki yang beda dengan salah satu dari kita jadi kita perlu surat ijin dari masing2 paroki tempat kita terdaftar untuk mengatakan kita akan numpang nikah di paroki st monika bsd serpong, untuk surat satu ini yang bikin gw ma budi ribut semalaman hahahhaa biasa masalah salah paham yang mana karna ke sotoy an gw jadiny buat gw ma budi kudu bolak balik ke cibubur naik motor 2x  dimana 1x pp karawaci cibubur itu 4jam yaa dikali 2 deh ehheheh trus budi juga sampai ngeprint surat keterangan dari lingkunganny dia jam 11 malam karna ketua lingkungannya lagi ke LN, kasihan banget deh budi waktu itu pantesan aja dia murka waktu gw bawel + sotoy ke dia hahhahah...maafkan yaa ndut  bener2 ndk ada maksud loh ehhhee


Setelah semuanya lengkap tinggal dimasukan aja ke Paroki tempat kalian Kanonik biasanya sih di paroki pengantin cewek yaa jadi kita masukin dokumennya ke paroki maria bunda segala bangsa cibubur, dan udh keluar jadwal pengumunan gerejanya yaitu tanggal 21 sept, 28 sept dan 5 okt 2014 , so sekarang tinggal tunggu telp romo kapan mao kanonik deh dan katany sih dikabari habis lebaran *dug dug derrr banget deh*

2. Syarat Pernikahan Catatan Sipil
[   ]  2 lembar fotokopi KTP kedua calon manten yang dilegalisir-->  dipihak budi aman, dipihak gw yang ribet *duhhh kenapa selalu pihak gw yang ribet yaa hahahah* jadi ceritanya gw itu buat KTP dan KK  baru karna gara2 nyokap gw yang malah buat ngurus pas diinfoin klo rumah kita dicibubur udh ganti kelurahan, sempet marah besar ma nyokap *duhh maaf yaa mama* dan nyokap karna ndk enak ma gw jadi nganterin bolak balik buat ngurusin semuanya heheheh
[   ]  2 lembar fotokopi KK kedua calon manten yang dilegalisir --> satu paket ma no 1
[   ]  2 lembar fotokopi Akte Kelahiran kedua calon manten -- > sudah aman
[   ]  2 lembar fotokopi saksi pemberkatan : 2 orang dan harus Katolik-->  kita akhirny pake temenny budi suami istri jadi urusan KTP udh aman hehehhe
[   ]  2 lembar fotokopi KTP orang tua kedua calon manten -- >  ndk pake sama sekali
[   ]  Calon manten yang  berusia di atas 30 tahun harus melampirkan surat keterangan masih perjaka/perawan (bermaterai dan mengetahui kelurahan ) 2 lembar, asli dan fotokopi -- >  ndk pake sama sekali
[   ]  Foto berwarna 4 x 6 berdampingan pria di sebelah kanan 4 lembar-- > sudah aman
[   ]  Surat Keterangan kedua calon manten dari Kelurahan : N1, N2, N3, N4 (sesuai KTP) masing - masing dikumpulkan asli dan fotokopi --> satu paket ma no 1
[   ]  Bagi calon manten pria yang berusia di bawah 20 tahun dan calon manten wanita yang berusia di bawah 19 tahun harus melampirkan N5 dari kelurahan, dikumpulkan asli dan fotokopi-- >  ndk pake sama sekali
[   ]  2 lembar bukti Surat Imunisasi bagi calon manten wanita (asli dan fotokopi)-- >  ndk pake sama sekali
[   ]  Calon manten dari TNI/ABRI harus melampirkan surat ijin dari Komandan (asli dan fotokopi)-- >  ndk pake sama sekali  kan kita bukan TNI cui hehhehe
[   ]  Fotokopi surat kematian istri/suami jika sudah pernah menikah sebelumnya-- >  ndk pake sama sekali kan kita belum pernah menikah cui hehehhee


Nahhh urusan perdokumenan udh kelar...tinggal nunggu jadwal kanonik aja, surat catatan sipil juga udh dimasukin hari minggu kmrn dan kenanya 850 rb kakak...mihill yaa tapi ya udhlah yg penting kelar katanya budi ahhahahha


19 komentar:

  1. Miraaa...kayanya wedding kita deketan nih...hahahaa..ga berasa bgt yaa wedding gw jg tinggal 68 hr lg...ayooo semangat membangun masa depan dan cita2..halahh

    BalasHapus
  2. @ Ribka : duluan dirimu deh rib, lu sept yaa? wahhh semangat semangat pantesan undangan loe udh jadi heheheh

    BalasHapus
  3. waduh sampe melibatkan 5 gereja gitu kak mir.. aku juga pas nikah itu emang agak ribet ngurus surat babtis soalnya gerejanya di manado hahaha.. asik2 tinggal nunggu kanonik yah berarti, semangat2 :D

    BalasHapus
  4. walah, kayanya ribet banget ya mir utk urus semua surat2 yg diperlukan. tapi untungnya semua urusan surat2 udah selesai ya. hehehe.
    semangat terus mir. :)

    BalasHapus
  5. emang ngurus surat2 itu yg paling males ya, padahal sebenernya sehari juga kelar, cuma entah kenapa koq males banget hahahaha... ini ktp ama kk aja kita belom urus, padahal 3 bulan lagi uda butuh buat bikin akte lahir anak hahahaha...

    BalasHapus
  6. Hallo Mira..

    wah baca postingan kamu aku jadi inget blm ngurus sipil sama skali,,padahal udah h-74..hiikkss..

    aku lagi pusing krna nama di ktp ku di singkat,beda sama di KK..itu ngaruh ga sih mir?

    btw aku juga lagi nunggu kanonik,,katanya abis lebaran juga,,haha pnasaran ya di tanyain apa aja,,hehehehe

    BalasHapus
  7. Lumayan juga yah mirrrr banyak banget yang diperluin. memang urusan catatan sipil dan gereja agak ribet.. tapi kalo urusan ini udah lewat, rasanya lega yah mir..

    Ayo semangatttt..

    BalasHapus
  8. sama niiii... sekarang lagi fokus ngurusin surat2 juga... tapi dirimu kayaknya uda kelar yaa...

    saya masi harus KPP sekali lagiii... dan akhirnya nunggu kanonik... kmrn uda bolak balik ngurus surat2 gereja... untungnya karena kita babtis di gereja yang sama jadinya ngurusnya "cuma" 4 gereja... hahahahaha...

    oh iyaaa... kamu ada tips nda gimana cara ngitung tamu gereja... bingung ni tamu gereja gimana ngitungnya yakk..

    mari kita bersemangat bersama2 :p

    BalasHapus
  9. @ Rere : iyaa nie re, rasany waktu ngurus surat2 itu udh puyeng duluan karna ndk bisa cuti tp surat yg diurus ada diluar kota hahhahah...untung keluarga dibali banyak yg bantuin...thx u rere

    BalasHapus
  10. @ Chyntia : udh ribet plus ada aja masalahny hahhaha tapi udh lewat juga sih chyn jadi skrng cuma nunggu hasil perjuangan aja hehehhee, km juga semangat juga

    BalasHapus
  11. @ Mel o : walah mel, kok blm diurus? tp ada loh temen gw yaa pas anakny mao lahir kira2 2 bulan dia baru ngurus surat catatan sipilny loh...jadi waktu married itu dia hanya ngurus dokumen gereja aja, parah yaa hahahhaa

    BalasHapus
  12. @ Vincen : loh kok bisa beda namany vin? kan buat ktp itu dari KK yaa? coba tanya ke petugasnya aja say, tapi klo cuma nama keluargany aja yg ndk ada di KTP rasanya ndk papa yaa....asal jgn di KTP Tina tp diKK nya Dina kan beda hehehehe, ayoo semangat dear tinggal dikit lagi loh...loh sama gw juga habis lebaran kanonikny, kata petugasny sih

    BalasHapus
  13. @ Epoy : iyaa poy, pantesan aja dikatolik haram cerai wong ngurusnya aja penuh dengan air mata *edisi lebay* hahhaha, iyaa temen2 pada bilang ntar pas habis pemberkatan trus ketok palu capil loe pasti plong abiss katany ahhahhaha, thx u poy

    BalasHapus
  14. @ Rollz : hahahha iyaa nie roll, udh mulai keliatan sih updateanny jadi skrng cuma bagian melunasi aja hehehhehee, klo tips ak juga lg minta tips dari org2 nie tp klo ak sih ngitung pengurus semua brp org kayak koor, putra altar,mc,romo,petugas gereja klo itu kan tinggal tanya ke pihak gereja brp orang baru ditambah dengan keluarga *itupun ak tanya ke masing2 pada datang ndk heheheh* trus ak tambahi sekitar 10% - 20% untuk menentukan lunch boxnya...klo buku ak cuma nyetak 50 pcs aja, kan buku bisa di share hehehhehe

    ayooo semangat roll

    BalasHapus
  15. Mirr... Sama kitaaa.. Ini gw lagi berusaha melengkapi dokumen2 pelengkap kanonik.. Kalo gw ud lengkap, tinggal punya si Anan nihh, dia paroki asalnya di Kupang sana, Dan ktanya gak punya KK Gereja. Bingung dahh gw skrng. MAri kita sama2 berjuang kakakk.. Cemunguuttt yaa. :)

    BalasHapus
  16. @ Marlin : wahhh kasusny kayak cici ku dulu hahahha, mao ngurus dokumen gereja ternyata blm punya kk gereja nyokap gw jadiny ngurus dulu deh ke ketua lingkungan....semangat kakak semoga semua lancar yaa

    BalasHapus
  17. Wah sampai melibatkan 5 gereja ya Mir, syaratnya juga banyak, ribet juga ya >.<
    Semangat Mir, pasti lancar dan bisa cepat selesai :D

    BalasHapus
  18. @ suriyati...iyaa nie gara2 kita asli mana tp married dmn hahahha jd ribett abiss...thx u dear

    BalasHapus
  19. wah mantep..boleh nih..ane save yah

    BalasHapus

Ur comment make me happy friend ^___^