Kamis, 30 Oktober 2014

Prepare Wedding Ala Mira

Jakarta beberapa hari ini puanasss gila yaa, hujannya juga php banget deh jadinya badan kek berasa ndk enak sama sekali....tadi pagi aja pas bangun udh malas2an karna kaki bengkak dan badan rasa greges2, ma budi udh dibilang ndk usah kerja aja jiahhh mana bisa hari ini anak2 pada gajian kan kasihan klo eke ndk beredar dikantor. Pengen lanjut nulis review vendor juga malas hahhahah, ntar aja yaa disambung sekalian ma foto2nya biar ndk bosen bacanya hehhee, sekarang ini mao share sedikit tentang prepare wedding gw dulu *yaelahhh mira baru juga 18 hari married udh gaya2 bagi tips, hahahhaha karna gw ini muka badak jadi ndk ngaruh dikatai begituan jadi tetep jalan trs lagian ini kan share berdasarkan pengalaman gw sendiri*.

Jadi gw ini menikah bener2 mandiri karna menikah atas keinginan gw ma budi sendiri, bayar semua biaya married juga dari kocek berdua, isi rumah dan biaya kontrakan dari kocek kami juga sampai ngurus semuanya pas sebelum married dan hari h married semua kami handle sendiri jadi pas hari H gw keliatan eksis yaa bisa pegang hp wong ndk ada yg bisa di mintai bantuan hahahhaha. Gw merasakan semua yang gw lalui kemarin itu berat banget lebih ke arah capek ati aja yaa karna bisa ndk ada yg mao bantu handle dengan alasan ndk ngerti tentang kawinan , lahhh situ ndk ngerti apalg kita yg mao married lbh ndk ngerti juga *alasan alasan yg banyak berserakan selama ini udh gw lupakan*, ini beberapa tips and trik yang sekiranya bisa membantu yaa.

1. Pastikan kalian mempunyai pasangan yaa, lah klo ndk punya pacar pegimane mao married kakak hahahha dan pastikan dia serius mao mengawini kalian dan hatinya dia mantap smp waktu kalian menikah yaa.

2. Tentukan tahun berapa kalian akan menikah, lebih bagus lagi udh ketemu tanggalnya karna dengan punya perkiraan kapan akan menikah, berapa tahun lagi akan menikah kalian bisa buat budget table buat tabungan kalian untuk membiayai pernikahan.

3. Tentukan dulu besarnya budget yang kalian rela keluarkan untuk membayar semua keperluan married karna dari budget itu kalian akan bisa menentukan banyak sedikitnya tamu yang kalian akan undang. Dalam menghitung budget plan itu jgn lupa buat memasukan Biaya married, Biaya tempat tinggal, Biaya isi rumah tempat kalian akan tinggal after married, Biaya honeymoon dan Biaya menyambung hidup kalian setelah menikah. Gw ndk isikan % yaa karna tiap orang punya kebijakan dalam menentukan % budgetnya.

4. Setelah udh ketemu budget yang kalian rela keluarkan maka akan keliatan jumlah tamunya berapa dan tau mao menikah dmn kalian, apakah di resto, gedung, hotel atau aula gereja. Jumlah tamu yang udh kalian setup sebisa mungkin jadikan harga mati karna klo ndk maka gw jamin budget kalian akan membengkak

5. Klo gw lebih prefer kelarin urusan gereja dulu baru ke bagian vendor resepsi, jadi gw booking tgl dan jam buat pemberkatan, tanya jadwal KPP, dan tanya segala urusan tentang pernikahan di gereja tempat kalian akan menikah.

6. Setelah udh dapat jam dan tgl pemberkatan baru ke arah berburu vendor resepsi, gw tau klo cara gw aneh yaa hahahha karna semua temen gw lbh suka dealing vendor resepsi dulu baru ke gereja tp ndk papa tiap org beda pemikiran yaa. Gw ma budi lebih mikirnya inti pernikahan kan pemberkatan dan catatan sipil yaa klo dua hal itu belum beres percuma semua pesta yg digelar wong belum sah kitanya hahhaha klo udh sah mao bikin resepsi kapan aja bisa kan.

7. Gw dealing bridal dulu dibanding resto kenapa? karna bridal sama pentingnya dengen pemberkatan lah klo ndk nemu bridal pake apa gw pas pemberkatan? dan cara mencari bridal ala gw itu Door To Door bukan via pameran. Yup gw seharian keliling tangerang buat masukin semua bridal sambil bawa notes yang isinya alamat semua bridal itu ahhahahha, dan kita ini pasangan yg ndk punya ambisi karna memang ndk ada tuntutan apa2 sih yg penting bridalnya open ke kita dalam artian buat paket nya fair dan bebas milih gown sesuka kita *sesuai paket yaa* dan budi lbh cenderung ke bagian foto sih klo dia.

8. Pemilihan resto juga kita pake cara yg sama door to door juga sambil bawa catatan alamat, dan isinya memang banyakan alamat cabang resto central karna memang kita dari 2th lalu ngincer central *padahal central bulungan yg kita pake akhirnya cuma selemparan kancut dari kantor gw, tp malah jadi pilihan akhir* hahahah.

9. Dalam milih vendor kita selalu dealing di paket paling murah karna klo mao upgrade lebih gampang dan memang kita ndk ada niatan buat upgrade sih karna kita udh commit ini paket yg paling cocok buat kita dan kudu kuat iman *padahal budgetnya cuma masuk di paket paling murah ahhahah*.

10. Pastikan saat mulai prepare wedding surat2 sprt akta lahir, surat baptis, ktp, kk, udh disiapkan sebaik mungkin , klo kudu perpanjang yaa diperpanjang dulu yaa, klo ortu ada yang ganti nama suratnya juga harus kita siapkan karna dibutuhkan saat catatan sipil.

11. Carilah hotel paling dekat dengan bridal or gereja , lebih bagus klo bs keduanya karna jarak waktu kalian makeup ma pemberkatan tidak banyak, jgn percaya selisih 2 jam itu lama karna pas harinya selisih waktu 2 jam itu bagaikan 20 menit aja.

12. Dalam prepare wedding idealis boleh tapi dikompromikan dengan budget kalian, tp klo budget kalian tidak terhingga silakan dibuat seidealis mungkin.

13. Pilihlah orang yg kalian percayai buat jadi penerima angpao dan pilih 1 orang dari keluarga inti yang kalian percaya *jgn orang tua* buat megang hasil angpao kalian, waktu itu gw pake temen2 adiknya budi buat jaga angpao jadi gw udh tau mereka seperti apa dan hasil angpaonya gw minta diserahkan ke adiknya budi karna biar lbh gampang koordinasinya dengan penerima tamu kan mereka temenan.

14. Bentuk panitia dengan kombinasi keluarga dan orang luar *seperti temen deket or kenalan dekat* kenapa jgn pure keluarga? karna keluarga pas hari H itu agak latah mao ikutan nimbrung acara pdhl mereka punya job sendiri kan, kenapa jgn pure org luar? karna sedekat2nya kita dengan org luar yaa tetep ndk bs kita percaya makanya digabung dengan pihak keluarga. Ini semua pengalaman gw pas digereja gw pake full keluarga yg ada akhirny keluarga yg bertugas jadi latah mao ikutan nimbrung dan meninggalkan postnya mereka dan ada lagi yang ndk gw pick buat ikut terlibat pas hari h paling heboh bantu sana sini.

15. Klo mao bukaan kamar hotel buat keluarga pastikan berapa banyak yg datang dan confirmasi lg bagaimana kebiasaan mereka klo lg stay di hotel, karna kasus gw yg kemarin itu udh dibukain 2 kamar connecting malah mao 1 kamar dg extrabed.

16. Rancang honeymoon kalian, ndk perlu mahal, ndk perlu ke LN, ndk perlu villa mewah...cukup pilih kota yg buat kalian nyaman karna inti honeymoon itu hanya hadiah liburan buat kalian yg udh capek dengan pritilan wedding dan masalah belah duren itu hanya bonus aja kok.

17. Still on your budget, karna kawinan itu bisa kalian besarin bisa kalian kecilin tp klo kalian ndk dislipin dengan budget kalian jgn kaget klo diakhir kawinan kalian akan merasa miskin mendadak hahhaha lohh beneran nie, terutama buat para bride to be nih yg suka latah, suka ribet juga hahahha. Ahhh loe jgn menggurui mir kek loe on budget aja hahhaha, gw memang lost control dr budget gw yang mana gw budgetkan married diangka +/- 75 - 85juta yang ada gw kebablas sebanyak 10 - 15% dari budget gw, sempet sedih juga sih tp mao gmn lagi karna ada bbrp yg kudu kita keluarkan extra untuk mempermudah pas hari h.

18. Jangan berhutang ke bank buat married,sangat sangat tidak disarankan karna akan menambah beban kalian dikemudian hari. Dan siapakan sekian juta untuk menyambung nyawa kalian setelah habis married dan honeymoon yang udh menguras uang tabungan kalian karna habis married kan kita belumm gajian lagi kakak padahal hidup terus berjalan kan, mulut perlu diisi makanan kan, dapur perlu ngepul kan jadi dengan dana cadangan itu kalian tidak akan merasa miskin mendadak ehheheheh. Jadi kita udh disiapkan sekian juta buat kita hidup kedepannya karna kita kan masih perlu buat beli bbrp pritilan isi dapur yang yakinlah angkanya bisa menembus jutaan loh.

Sekian prepare wedding ala gw, simple dan agak tak berstruktur hahhahah yaa maklum kakak kita ndk pake wo karna keterbatasan budget tp puji tuhan semua lancar, makanan pas dan cuacanya bagus saat hari itu walaupun jalanan macet tp tamu 80% pada datang. Seperti kata seseorang ke gw pas lg prepare, "JANGAN RIBET dan BANYAK MAUNYA karna klo loe ribet pasti urusan bakal diribetin semuanya, klo loe banyak maonya tapi bisa handle sendiri silakan tp jgn keribetan loe dibagi - bagi ke orang lain,  jadi sepanjang semuanya udh sesuai dengan keinginan kita wlpn tdk 100% tutup mata aja karna tidak akan merusak kebahagian loe kok pas hari h itu yang penting hari h loe udh sah TITIK". 

Buat Bride To Be yang lagi prepare macam, Fanny, Renie, Caths, Tiana, Pypy & Chyntia.....Happy prepare girls semoga perjalanan kalian dilancarkan semuanya yaa, pilah2 yg penting yg harus kalian lakukan jgn sampai karna terlalu detail mikir pritilan intinya acaranya kalian lupakan. 

Buat yg udah sah jadi Wife macam Epoy, Ribka, Juri, Marlin, Melo, Rollz & Gw mari kita menikmati hari2 menjadi istri dengan happy, satu dua masalah hal biasalah tp tetep harmonis dengan suami....mari kita saling mengabarkan kabar bahagia *Hamil* hahhahahah. 



31 komentar:

  1. Mir koq wife to be sih? Kan gw uda jadi wife..hahaha...
    Btw gw setuju yg bagian jgn hutang ke bank buat merit tuh...pokoknya singkatnya wedding itu yg sesuai dengan kemampuan ya, kan murah bukan berarti ga bagus yaa...pinter2nya kita arrange nya aja..hehehe

    BalasHapus
  2. pertanyaanya kenapa sih tuh kancut masih aja di bawa2.. udah ganti belon ? wkwkkww.. Tq ci Mira.. sudah menyemangati kita semua yang lagi prepare..

    BalasHapus
  3. @ Ribka : iyaa yaa kok wife to be hahahah, ntar gw gantin dah ahhahah....iyaa rib, inget kan crt gw di group yg pinjem bank malah smp jual mobil buat married

    BalasHapus
  4. @ Tiana : udh donk na, kan kancut lg femess hahahhaha

    BalasHapus
  5. Kalo gw krn kemarin masih mikir mo pemberkatan dimana makanya DP bridal yg udah all in dulu..hahaha :D

    Untuk venue ya gw survey keliling. Kalo bridal ga pake survey keliling, kelilingnya didunia nyata.. Murah tapi ga murahan.. Hajarrr!!haha.. Iya nih gw belum ada berasa ribet ngurusin nikahan.. PAdahal semua ngurusnya berdua.. Lagian kalo ribet kan tinggal pm kalian minta pencerahann..haha;D

    BalasHapus
  6. Terimakasih Ibu Budi yang baik hatii.. hahhaa.. pesan2nya akan selalu diinget. Gw ni dari skrg ingetin diri sendiri terus, Jangan jadi bridezilla! Jadi bride yang happy dan cantik ajah! hahhaha.. Buat doa2nya gw aminin buat smuaa hehe :D

    BalasHapus
  7. Mir.... kok wife to be sih. Itu yg bawah ud jd wife semuaaaa...

    Prinsip wedding preps yg utama mmg kejujuran dan keterbukaan. Yg lain nyusul semua.

    BalasHapus
  8. hahaha nyonya budi, bijak sekali postingan nya. bener2 bermanfaat banget ya buat yg lagi wedding preparation seperti gw. :D

    semua pengalaman pribadi di share disini ya mir, biar kita jg bs belajar dr pengalaman wedding mu kemaren. mantep deh. hehehe.

    BalasHapus
  9. catet,,catet,,,dicatet semuaaaa nasehat dan petuah lu ci,,,yang menohok gw banget adalah "JANGAN RIBET dan BANYAK MAUNYA karna klo loe ribet pasti urusan bakal diribetin semuanya, klo loe banyak maonya bisa ngeribetin orang lain".

    wewww,,seketika tersadar untuk lebih realistis and ga ngeribetin banyak pihak,,,,thank you ci,,,

    BalasHapus
  10. gw juga banyak yg keluar budget lhoo.. apalagi kalo ke pameran yah, semua vendor dr yg sederhana sampe super mewah ada semua. Dari yg budget maunya rendah, nengok kiri ada yg lebih bgs tapi lebih mahal.. akhirnya dilema dan lupa sama budget -_-" Jadi harus ada cost controller deh, either calon suami/istri untuk mengerem pengeluaran

    BalasHapus
  11. @ Pypy : hahhahah iyaa yaa loe keep bridal duluan yaa, memang krusial sih bridal kr kan ada makeup dan gown yg kudu kita pake, jiahhh ribet ny ntar kakak, tp ndklah klo loe udh handle dari lama2

    BalasHapus
  12. @ Fanny : iyaa fan, kudu jadi bride yg cantik...lupakan detail yg kurang perlu yg bikin mata panda, yg penting intinya udh beres kan

    BalasHapus
  13. @ Ci leony : hahahha iy udh di protes ribka dan udh eke ganti hahhaha...baru ngeh pas ribka komen *efek nulis smbl ngantuk*, bener ci kudu terbuka dan jujur dengan budget kita klo ndk wahhh bablas dah

    BalasHapus
  14. @ Chyntia : iyaa chyn, gw pengen share aja sapa tau ada yg senasib kek gw ahhahahah...tp klo ternyata berguna syukurlah ndk sia2 kan nulis hahhaha

    BalasHapus
  15. @ Mel : gw ndk berani ke pameran mel, kr semua tambah indah dan berkilau klo dipameran , masalahnya budget gw yg ndk berkilau ahhahahha

    BalasHapus
  16. @ Caths : hahahha bikin kawinan yg loe bisa handle sendiri persiapannya, jadi enak n ndk ngeribetin org

    BalasHapus
  17. Mir, tips yg nomor 1 asli kocak bngt hahaha
    hmm gw belom merid n prepare merid jd penasaran nih, misalnya udah dibudget smua sesuai yg u bilang, terus harus siapin dana utk melanjutkan hidup setelahnya kan..
    yg gw sering denger sih, abis merid kan dapet angpao tuh , meskipun ga banyak bngt tp pasti ada kan beberapa juta buat menyambung hidup kedepannya setelah merid, malah kalo hoki bisa dipake buat honeymoon uang angpaonya hahaha
    ini gw komen apa sih ga nyambung bngt :lol:

    BalasHapus
  18. Gua setuju yang jangan sampe lost budget.

    Dan penting banget buat ngerem "GUA PENGEN KAYA KAWINAN DIA", Yah kalo dana direkening gak lekang dimakan jaman sih gpp. tapi kalo merit gara2 malu ngeliat si A lebih mewah, di B lebih pake jaguar, ato apalah yang laen siap2 ajaa.. hahahaha.. karena GENGSI ITU MAHAL BANGET KAKAK!

    Dan penting juga buat gak terpengaruh sama omongan orang! hey man.. ini kawinan kita. sakral buat kita dan suami, buat keluarga inti (inget intii yaaaaa). kalo mao dengerin omongan orang gak bakalan ada abisnya.

    *SEKIAN*

    -trus dilempar cangcut lagi gara2 berisik-

    BalasHapus
  19. Sama mir, gw sm Derwin pastiin dulu di greja tanggalannya available, tanggalnya di ksh bbrp opsi sama mamer. Trus ke greja, am ke venue dhe.. Klo greja full amsyong dhe....
    Iyah, gw jg jd keluar dr budget yg semestinya b2 suka khilafff... Ckckckck... Perlu di catet tuh bride to be yg lain,, huahaa jgn khilaff

    BalasHapus
  20. @ Mey : klo gw uang angpao duduk manis di tabungan mey, ndk gw sentuh hahhahaha...kr itu buat modal gw beli rumah jadinya udh gw sisihkan untuk menyambung hidup gw after married

    BalasHapus
  21. @ Epoy : klo brisik di gang sebelah aja jgn disini ahhahahah, iyaa gengsi itu harganya miliaran kakak mahal bener, jd mending loe pengen kek apa udh jalani jgn liat kanan kiri lagi

    BalasHapus
  22. @ Juri : iyaa jur gw aja yg udh dr lama booking gereja aja bisa ndk dpt smp akhirny pindah gereja yg di serpong, hbs fix gereja baru berburu kanan kiri kr udh lega dan pasrah

    BalasHapus
  23. Betull Mir, sama kita. Pertama pas ud nemu jodohnya, lsgsg nentuin tgl, booking gereja, trus bridal lanjut catering. Gw cuma 1 kali aja ke pameran buat deal catering, krn gw tau gw orang yg susah buat nahan diri, makanya gw langsung membentengi diri gak pergi ke pameran. Walau akhirnya banyak yg diupdate karena keinginan nyokap, dimana nyokap juga nambah buat yg dia update, jadi gw sangat terbantulah. Dan bener banget, klo bnyk maunya ya kudu siap rempong sendiri. Yg paling inti buat gw sih ya di Gerejanya sih Mir. Puji Tuhan ud sah dan ud bisa menikmati hari2 menjadi istri idaman.. uhuiii..

    BalasHapus
  24. @ Marlin : iyaa lin tau hati n jiwa ini ndk stabil jadi ndk berani ke pameran yg berserakan tawaranan menarik hahahha

    BalasHapus
  25. Wihhh tips nya berguna banget buat bride to be tuhh mir...secara kan kalo abis kondangan tiba2 kepengen nambah ini..nambah itu saking banyak maunya bakal bikin bengkak budget yang ada belakangnya berantem2an dah.....( bukan pengalaman pribadi yaa...hehehe)

    BalasHapus
  26. Nanti ada buku pelajaran karangan Ibu Budi tips2 buat calon pengantin supaya tidak pusing hahahaah

    BalasHapus
  27. @ Ci Yance : hahhaha iyaa ci, klo nurutin kata hati bisa biaya jadi berlipat lipat dah ahahhaha dan bener pasti berantem dah

    BalasHapus
  28. @ Ci Fely : mao nyumbang sepatah dua patah kata ci dibuku ku? hahah

    BalasHapus
  29. Gw malah ga mau ribet mir. Dari catering,gedung,bridal,kue dll cuma 1x dtg langsung deal.
    Gw tutup mata sama vendor lain,wlpn lebih ok tapi gw yakinin diri gw sendiri kalo vendor gw juga bagus dan budget gw mepet jadi ga boleh laper mata hahaha

    BalasHapus
  30. halooo ci mira, thankyou so much yaa for this posting :)
    bermanfaat sekaliiiiiii
    ci juga tanpa wo yaaa ?
    salam dari blogger yg lg rempong prepare,
    derryoct.blogspot.com
    Gbu

    BalasHapus

Ur comment make me happy friend ^___^