Rabu, 19 Agustus 2015

37 Week + Senam Hamil + 1st Drama



Sabtu, 15 Agustus 2015

Yup gw udh mulai kontrol tiap seminggu sekali dan jadwal kontrol hari ini lumayan banyak kegiatannya , gw mao senam hamil trus lanjut kontrol rutin mingguan dan dilanjutkan dengan pemeriksaan CTG dan VT. Jadi hari ini gw cuti ndk masuk kerja karna ma budi disuruh banyak2 istirahat *hahahha dia takut gw kecapekan tp dia ndk tau gw diem dirumah itu malah bikin gw kecapekan kr gw ndk bisa diem ada aja yang diberesin yang berujung masuk UGD, ceritanya dibagian bawah ya*, karna ndk kerja dan hari ini cuma ke dokter doank jadi gw tidur sampai siang *rencananya* tp yang ada pagi2 nyokap minta tlng gw buat pesenin tiket ke bali bulan Okt, kelar pesenin tiket nyokap gw rebahan lagi karna senam hamilnya siang dan untuk senam hamilnya gw ikut yang gelombang ke 3 aja jam set 1 siang karna kelarnya deketan ma jadwal dokter musa. 

Jam 12 gw berangkat dari rumah trus sampai RS gw daftar buat senam hamil dan taruh buku pasien buat dapat nomer antrian kontrol ke dokter musa, oh ya buat yang mao senam hamil di RSB asih polim biayanya sekali kedatangan cuma 40rb aja udh dapat senam hamil plus segelas teh anget manis hahhahahhaha. Hari itu yang ikut senam hamil cuma 4org, disini suami boleh ikut masuk tp budi ndk jadi masuk kr ndk ada suami yg nemenin *malu gt ceritanya jadi dia nunggu di ruang tunggu poli kandungan*....senam hamil kali ini yang ngajarin namanya Bidan Penny *bidan senior asih* errr orangnya gw bilang baik, penjelasannya jelas banget dan santai abis. Jadi selama senam itu gw diajarin banyak gerakan seperti :

- Gerakan telapak kaki naik turun dan berputer --> ini buat melancarkan peredaran darah dikaki jadi untuk meminimalkan bengkak 

- Gerakan duduk bersila trus telapak tangan neken2 paha --> posisi bersila buat mengunci posisi baby yang udh bagus *kepala dibawah* klo neken paha itu buat melemaskan otot paha biar ndk kaku saat persalinan karna saat persalinan kaki akan di buka selebar - lebarnya *selebar layar bioskop hahhahah*

- Gerakan tidur miring trus kaki diangkat ke atas ---> buat melemaskan otot betis biar ndk sering kram saat hamil tua

- Gerakan jongkok bangun dengan tangan pegangan di meja or kursi or pinggir kasur --> buat posisi baby nya turun dan melemaskan otot2 kaki

Selebihnya buat yang hamil udh 36w diajarin ngeden, huaaa kemarin coba waktu senam hamil lumayan bikin berkeringat trus di rumah gw ulang lagi gerakannya buat ngasih liat ke budi eeh yang ada si budi malah ngikuti gerakan senam hamil gw hahahhaha *gajebo lama2 laki gw*.

Kelar senam hamil gw ke poli kandungan dan dapat no antrian 3 *horeee tebar bunga* dan ditensi plus ditimbang eingeng berat badan gw turun 2kg *tebar bunga lagi* hahhahaha, nunggu bentar trus dipanggil masuk ma dokter musa trus dia liat buku pasien gw dan tanya "loh kenapa km CTG ma VT ya mir?" lahhh dokter yang suruh piye toh hahhahaha, trus dia jwb "Iya kemarin itu sempet keliatan ada pengapuran diplasentamu takut babynya kenapa2, yukk usg dulu". Usg lah gw dan memang ada pengapuran tp masih dalam tahap normal dan sama sekali ndk ngaruh ke babynya karna baby K naik 300gr jadi totalnya di 37W ini udh 3kg aja ini berat baby K *horeee habis itu di getok ma dokter musa karna gw sengaja ngurangi karbo makany berat gw turun 2kg hahahhaha*, jadi CTG dan VT nya baru dilakukan sabtu depan tgl 22 agust, dan klo pas kontrol tgl 22 agust gw belum ada kontraksi plus mules2 so minggu dpnnya gw akan berakhir di ranjang bersalin dengan proses induksi hahahhahah. Ternyata dokter musa ini bukan aliran dokter yang lahiran full term 40w , menurut doski saat 40w itu semua fungsi kek plasenta, air ketuban dll udh menurun fungsinya jadi peluang lahiran normal kecil so klo dipaksain bakal berakhir dengan caesar....okee masuk akal sih secara gw ma dokter musa sama2 ngotot lahiran normal jadi pasrahkan pada dokter musa aja deh. Kelar kontrol tetep diingetin 3 hal yang kemarin, 1). gerakan baby melemah , 2) mules or kontraksi 1jam sekali rutin 6jam , 3) air ketuban pecah. 

Emang gw aslinya pasien bandel ya dan liat hasil kontrol baik2 aja , jadi gw mengiyakan pas budi ajak gw ke SMS buat ke festival kuliner serpong *hohoho pakmil ngidam again*...kita perginya hari minggu tgl 16 agustus seharian di serpong kulineran plus jalan2 dan selama di SMS itu beberapa kali perut gw mengeras seperti batu dan jalan udh yg tertatih2 kr ngilu abis plus tubuh bagian belakang kerasa ngilu dan panas jadi bentar2 gw duduk klo enakan baru jalan lagi...karna gw udh bbrp kali kek gt budi udh takut aja jadi jam 4 sore gt kita pulang ke jkt deh. Besoknya gw masih asik beberes rumah dari pagi jadi ndk ngeh ma gerakan baby K eeh pas sore2 gt budi tanya baby K lg ngapain? eits baru sadar gw kok hampir 6jam ndk merasakan gerakan baby K ya, ngomong ke budi trus diajakin ke RS eeh gw masih ragu2 gt *alay ndk ya gw?* tp pas diajak ngmng terus kok gerakannya lemah banget *huaaa udh mulai parno n lumayan bikin gw mao mewek rasanya*, jadi gw buru2 mandi trus siap2 ke rs dimana selama perjalanan hening banget dan gw ngmng terus ke baby K "jgn bikin mami khawatir donk baby K, km baik2 aja kan?".

Sampai RS jam set 7 malam gw langsung ke UGD buat cek CTG, jadi cek CTG itu lamanya 30menit dengan kita rebahan trus perut dipasang alat yang nyambung ke layar kecil buat ngeprint hasil detak jantung, gerak baby dan kontraksi. Selama di CTG gw ditanya2 ma susternya tentang riwayat hidup gw lah trus kelar CTG hasilnya dibacakan ke gw klo hasilnya normal dan gerakan babynya banyak *tenang donk ya* trus udh siap2 mao pulang eeh dicegat ma dokter jaga sambil bilang "Kata dokter musa, km jgn pulang dulu kr kudu diobservasi 2 jam dan dokter musa mao datang buat liat kondisimu" waktu diomongi kek gt ekspresi gw ma budi 180 derajat berbeda *muka gw resah gelisah, muka budi berbinar ...lahiran dah ya hari ini? astaga budi udh ngarepin gw langsung lahiran hahahhah*. Habis itu gw digiring ke ruangan observasi dan disuruh rebahan miring trus di tensi trus berkali2 karna tensi gw pas sabtu tinggi banget, tiduran aja gt gw ndk boleh ngapa2in trus tiba2 dianterin makanan ma teh manis anget *astaga nginep beneran dah gw nih pas liat nampan makanan hahhaha*, tiduran sambil denger kanan kiri suara org mao lahiran plus suara baby bikin deg2an juga *antara siap lahiran ma belum hahahha* trus mikir ni budi kok ndk masuk2 jg ya eeh habis itu budi masuk juga ke ruangan observasi dan gw mulai tenang plus relax malah sempet bercanda2 gt. 

Setelah nunggu 2 jam kira2 jam 9malam gw di ctg lagi ma susternya dan dari suster diruangan observasi gw baru tau klo hasil CTG gw yang pertama itu muncul kontraksi tajam 1x makany dokter musa minta gw di observasi dan dia mau liat kondisi gw langsung trus dia minta gw di CTG ulang buat ngecek hasilnya dan hasilnya : Gerakan baby bagus wlpn agak mulai melemah dan mulai muncul kontraksi tiap 5menit sekali wlpn masih pelan. Kelar CTG eeh dokter musa datang tuh sambil ngomong ke budi "Ngapain km bud?" dijawab budi "Ini mira alay dok".....pas ketemu gw dokter musa tanya "Napa mir?", gw jawab aja "Lah katany harus alay , ini td 6jam ndk gerak babynya makanya saya kesini dok", Dokter musa "hahahhaha tumben pinter km, bentar saya baca hasil 2 CTG mu ya" *lempar bom molotov juga ini dokter hahhahah*. Nunggu punya nunggu jam udh set 10 malam blm dikabari ma dokter musa nih, eeh susternya masuk bilang perut gw keras ndk? gw bilang ndk sih, oke deh katanya semoga minggu depan lahirnya ya, trus beberapa menit kemudian dokter musa masuk bilang klo gw boleh pulang dan diwanti2 jgn kecapekan, banyak2 istirahat dan klo gerakan babynya lbh melemah dari yang tadi ndk perlu nunggu sampai sabtu sesuai jadwal rutin kontrol gw, gw langsung ke RS aja. 

Ternyata gw itu cuma kecapekan doank dan gw gampang stress jadi kudu sering2 rebahan klo berasa ndk, dan dibilang klo agak melemah gini coba dipancing dulu pake teh anget manis klo dlm sejam dua jam masih lemah baru ke RS. Kadang gw bingung bukanny di hamil tua gini kudu aktif ya eeh malah di vonis kecapekan gw nya hahahhaha, jadinya skrng gw ma budi parnoan hahhaha 2x lipat lbh memperhatikan gerakan baby K *lebih parno budi sih hahhah*. 

Doakan ya semoga semua baik2 aja ya gw dan baby K, dan klo memang harus lahiran minggu depan saya siap...ridho dan pasrah aja, mao induksi mao caesar mao lahiran normal spontan saya siap ....

21 komentar:

  1. Mir, gue deg2an loh bacanya apalg tau lo sampe masuk UGD (>.<) jangan cape2 ya Mir, gerak2 boleh tapi jangan sampe terlalu banyak juga Mir. pokoknya gue doain proses lahiran lo lancar Mir, mau caesar tow normal sama aja yang penting lo en baby K sehat2, amien!

    duh itu dokter lo gokil ya Mir, hahahaha gue ngakak juga pas Budi bilang "ini Mira alay dok" wkwkwkwk :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaha haduh skrng gw bs ketawa ya....pas hr it ngmng aja ndk bs saking deg2anny...makasi ya wi amien2 semoga lancar2 semua ya

      Iya nih gw jd tenang kr dokter tenang...budi jg tenang,

      Hapus
  2. Hehe, Mir, gue gak pake aneh2 tau2 lahiran aja di week 38. Jadi ya emang normal juga lahiran di week 38, cuma kaget aja karena lebih cepet dari jadual. Sehat terus ya. Banyak jalan boleh, tapi jangan kebanyakan. Have fun on the last weeks of pregnancy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya...ak baca postingan cici pas lahiran abby no drama bgt yaa maooo....thx u cici amien yaaa

      Hapus
  3. Ci mira kalo bikin cerita bikin deg2an trus ni kaya nonton sinetron XD

    Kirain udah lahiran di endingnya, ternyata masih belum pemirsah :D *nini jadi komentator*

    Duhh jd excited denger lanjutannya, moga baby cepet lahir ci amin amin sehat lancar smuanyaa. Wkwk yg lahiran spontan sih serem juga ci XD asal jangan lahiran d tempat2 umum kan horror XD
    Btw dokter budi nih dr ceritanya kocak bener yaa kalo ngomong XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaha blm nie...msh menunggu waktu mules ni, thx u ya nie klo udh lahiran pst d publish hahahaha

      Hapus
  4. Mir, itu mah judulnya kebanyakan jalan hahahaah makanya sampe capek :)
    Sehat terus yah Mir, jalan boleh tapi ada batasnya... semoga lahiran nanti lancar yah kira2 1-2 minggu lagi kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaha kebanyakan jln ma kebanyakan makan smp mabok ....thx u ya ci fely amien ya ci iya ni tinggal seminggu dua minggu lg

      Hapus
  5. Moga2 lancar ya mir...
    Tiap org emang beda beda sih ada yg lama lahirannya, ada yg cepet. Tp 37 minggu itungannya udh full term jd bisa anytime. Emma dulu lahir 37 minggu 5 hari.

    Bisa juga dibantu biar lapisan tebal mulut rahim nya cepet luruh jd cepet lahir. Tp gw gak enak ngomongin disini. Hahaha. Email aja kalo mau tau. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh emma dulu 37w udh lahiran ya ko...boleh boleh ko ntar ak email koko ya hahahahaa thx u ya

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. duh mirrr.. kocak banget sih laki luuu. ahahahha.. ngakak gua.

    enak yah mir, laki boleh masuk. kalo gua gak boleh masukk. mungkin krn sebelum hamil ada pemeriksaan usg detak jantung dulu kali yaa.. kan para cewe pada angkat2 baju. hihihihi.. :D

    akh, lancar terus yah mir.. gua masih belum mules2 nih. hihihi.. antara gak sabar sama takut juga. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya poy udh cs bgt budi ma dok gw jd suka bercanda gt...iya gw jg kaget lohh kok blh nemenin suami pas senam yaa
      Hahahaha

      Hapus
    2. Iya poy udh cs bgt budi ma dok gw jd suka bercanda gt...iya gw jg kaget lohh kok blh nemenin suami pas senam yaa
      Hahahaha

      Hapus
  9. dokter gua juga penganut sebisa mungkin lahiran sebelum 40 minggu... katanya justru di umur 40 minggu itu si baby uda kelamaan... makanya kalo 38 minggu uda lahiran ya bagus... kan 38 itu full term... makanya juga pas uda masuk 38 minggu gua langsung dibelek hahahaha... ketimbang gua kudu bayar double... hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mel sama jwban dokt lu ma dokt gw hahahahaha...drpd drpd mending yg pasti aja 38w d keluarin babynya, oh rs lu as a double cost yaa

      Hapus
  10. Miraa, duh deg-degan bacanya.. Semoga kamu dan baby sehat-sehat selalu yaa.. Sebentar lagi akhirnya ktmu baby K ya, hihhi :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mar pas hr it bnr2 ngeblank ndk bs mikir...pokokny ke rs dulu n ctg plng ndk biar tenang
      Yup2 bentar lg ketemu baby k
      Makasi ya mar

      Hapus
    2. Iya mar pas hr it bnr2 ngeblank ndk bs mikir...pokokny ke rs dulu n ctg plng ndk biar tenang
      Yup2 bentar lg ketemu baby k
      Makasi ya mar

      Hapus
  11. Mir, udah lahiran belummmmmm? wkwwkwk..
    emang masa2 37 weeks ke atas itu masa nya serba parnoan. Kontraksi dikira mo lahiran, giliran dia diem kitanya yg ketakutan hihihi..
    Semoga lanchar dan muluss yaa lahirannyaaaaaaa

    BalasHapus

Ur comment make me happy friend ^___^