Jumat, 31 Juli 2015

Klinik Laktasi RSB Asih Polim

Dan Akhirny saya terdampar di Klinik Laktasi juga hahhahaha...

Jadi ceritanya pas kontrol sabtu kemarin sempet tanya2 ke dokter musa perlu ndk senam hamil dan konsul ke klinik laktasi, untuk senam hamil menurut dia better dilakukan di 36w aja sekalian persiapan buat lahiran aja karna klo dari sekarang takutnya diriku lupa tehniknya dan ngeri kontraksi lbh awal *baeklah saya pasien yg penurut* sedangkan untuk konsul ke klinik laktasi dokter musa kasih gw rekomen ke salah satu dokter di RSB Asih yang memang spesialis tentang laktasi namanya Prof. dr. Rulina Suradi, SpA(K). Dokter rulina ini benernya dokter anak tp mencangkup konselor laktasi juga dan denger2 dia praktek di RS Carolus dan Brawijaya. Okelah setelah dapat surat rekomendasinya gw ke bagian admin buat tanya jadwal prakteknya dan bikin janji, setelah dikipir2 gw ambil yang hari rabu jam 3 - 6 sore alasannya cetek biar gw bisa bablas langsung pulang ke rumah dari dokter hahahhahah habisnya hari lainnya pada praktek pagi semua gw kan malas banget melangkah balek ke kantor lagi hahahha. 

Rabu, 29 Juli 2015
Jam 14.00

Yup, gw mutusin datang lebih awal sejam biar dapat antrian pertama dan memang akhirny gw dapat antrian no 1 sih tp dokternya telat datang nih krn masih praktek di RS Brawijaya, selama nunggu dokternya gw ma budi udh sibuk nebak2 kek gimana model dokternya *pdhl gampang bgt tinggal liat web RSB asih ya tp kita malah sibuk nebak2* ternyata dokternya udh tua, model kek nenek2 gt yang senyum terus fiuhhh lumayan lega gw waktu liat model dokternya karna entah knp gw ndk sreg ma dokter yg masih muda belia dan pelit senyum hahhaha. 

Akhirnya di panggilah gw ma susternya dan disapa dengan ramah banget ma dokternya, gw inget banget kata2nya "Halo siang, terima kasih sudah datang...kedatangan kalian berdua kesini pasti karna berniat kuat buat memberikan asi". Diawal gw ditanya2 kenapa berniat memberikan asi dan sampai harus konsultasi, ya gw jwb karna asi makanan terbaik buat bayi trus keluarga gw kan agak2 kurang pro asi gt lah jadi daripada gw sesat dijalan jadi mending gw konsultasi lah *wlpn gw tau ilmu perasian udh banyak di mbah google kan*. Pembicaraan selama sejam berlangsung lancar dimana gw melakukan konsultasi tentang perasian trus diajarin cara gendong baby yang bener sampai payudara gw di periksa juga ma dokternya. 

Hasil dari pembicaraan kita, beberapa udh pada tau dari google kan tp ndk papa kan klo gw tulis ulang biar semacam reminder aja : 

- Tidak ada yang namanya baby blues karna baby blues itu adalah hasil dari pikiran negatif kita, jadi sejak hamil sampai melahirkan kita kudu berpikir positif + happy + ikhlas karna pemikiran yang jelek2 bisa mempengaruhi produksi asi kita. Dan dokternya malah menyarankan luangkan 2 or 3 hari buat melakukan babymoon ...jalan2 gt maksudnya sebelum lahiran biar suasana hati riang gembira.

- Peran suami amat sangat penting dalam kesuksesan pemberian asi, dalam artian pengertian dan semangat yang suami berikan bisa memberikan kita rasa aman, tenang dan ikhlas selama nyusui dan yang paling penting setia menjadi pendengar yg baik hahhaha.

- Jangan khawatir klo hari pertama or kedua asi belum keluar karna bayi bisa bertahan selama 2x24jam, jadi klo babynya nangis tetep di susui sekitar 5 - 10menit trus di peluk2 gt karna tidak selalu baby nangis kr pengen nyusu kadang karna pipis, pup, pengen digendong ma ibunya or cuma ngisep2 puting aja. Lagian kebutuhan asi buat baby baru lahir sangat sangat sedikit cm butuh 5ml doank jadi klo nangis2 gt gendong aja dan kasih dia isep2 puting biar anteng

Kebutuhan asi pada bayi baru lahir
 - Diharapkan untuk melakukan IMD dan skin to skin pada baby baru lahir untuk merangsang produksi asi dan kedekatan dengan ibunya. Dan beruntung banget di RSB Asih ini tanpa diminta pasti akan dilakukan IMD pada ibu dan bayi jika kondisinya memungkinkan

- Sebisa mungkin untuk melakukan rooming in dengan baby sejak lahir, untuk mempermudah kita dalam pemberian asi, karna baby baru lahir diharapakan dapat disusui tiap sejam sekali wlpn asi blm keluar tetep harus dikasih pengenalan terhadap tempat produksi asinya makany tetep aja di susui wlpn cm 5menit gt. Di RSB Asih semua kelas pasti rooming in dan klo ibuny tidak mao melakukan rooming in maka suster nya akan mendatangi si ibu tiap sejam or 2 jam sekali untuk bawa babynya buat disusui or ke ruang baby buat nyusui berjemaah ma ibu2 lain.

- Selama hamil gw suka bersihin di sela2 puting ternyata ndk boleh smp kedalam bersihinnya kr takut bisa memicu kontraksi, saat kehamilan udh memasuki usia 36w baru boleh dilakukan pemijatan terhadap payudara, trus gw suka sabunin bagian puting dan areola ternyata hal tersebut tidak boleh dilakukan karna bisa membuat permukaan areola kering. Jadi cukup di sabunin seadanya jgn di gosok2 gt biar pelumas yg ada disekitar areola tidak terkikis.

- Mulailah menggunakan bra menyusui jika udh memasuki usia trimester ke 3 karna perkembangan payudara udh mulai menggila, klo kita masih pake bra yang lama bikin payudara kita sesak dan lembab yang mengakibatkan gatal pada payudara sekitar puting dan bra yang salah ukuran jadi bikin perkembangan produksi kurang maksimal. Sejak hamil smp skrng udh 34w gw udh naik 2size bra *OMG* tp kata dokternya ndk papa, payudara berkembang artinya kelenjar susu berkembang juga

- Masalah bingung puting itu kemarin gw dijelasin, penggunaan botol susu pada baby boleh dilakukan saat bayi berumur 2bulan dan usahakan yang memberikan botol susu bukan ibunya karna akan membuat bayi bingung, kok bentar disusui eeh kok skrng pake botol. Jadi sebisa mungkin kita tetep menyusui secara langsung karna isapan baby bisa meningkatkan produksi asi dan penggunaan pompa susu sebatas untuk mengosongkan payudara. 

- Wajib memberikan asi selama 6bln dan dilanjutkan sampai anak umur 2tahun, selama 6bulan itu hanya asi saja yang diberikan tanpa ada tambahan air mineral or hal2 lainnya.

Kira2 itu aja yang gw mao share, klo gw inget ntar gw tambahi lagi ya...tp yang pasti gw rekomen banget buat bumil2 mao meluangkan waktunya 1 or 2 jam buat ke klinik laktasi karna bener2 berguna banget buat masa depan kita hahhahha, dan usahakan ajak suami saat konsultasi ya karna biar sama2 mengerti pentingnya asi buat baby plusny suami kita jadi lebih tau perjuangan kita memberikan asi kan. Nah sisa 6w ini gw disuruh belajar berpikir positif, relax dan ikhlas klo digabung intinya pasrah aja lah biar semuanya berjalan lancar ya persalinan ya menyusuinya.

Oh ya kemarin itu habis Rp. 360.000 buat konsultasi tentang asi ma dokter rulina, mahal? iyaa tp lebih mahal lagi harga sufor kakak jadi ya sudahlah. Buat para senior monggo ditambahi apalg yang harus dilakukan bagi sama2 penjuang asi 





23 komentar:

  1. Dukungan suami itu luarrrrrrr biasa banget pentingnya. Bener2 deh Mir. I didn't know what to do without his support yang selalu menenangkan soal ASI gue yang pas2an. Karena, orang yang lu kira bakalan dukung elu, bisa saja nanti berbalik nyuruh2 anak lu mnm sufor cuma gara2 takut anaklu keliatan kurang gendut. Sungguh harus tanamkan sama suami untuk lebih kasih kepercayaan diri sama lu instead of dia mendengarkan omongan org2, bahkan org terdekat sekalipun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ci setubuh....yg awalny gw pikir suami cuek masalah perasian dan nyokap ma cici gw pasti dukung gw ternyata berbalik semua, suami malah dukung gw buat full asi kr dia ada baca ttg kebaikan asi eeh nyokap ma cici gw yg agak2 gmn masalah asi hahahha kacau dah..

      Hapus
  2. Semangat yah Mir... pasti bisa modalnya cuma tekad tekad tekad dan tutup kuping sama omongan nggak enak sekeliling, contoh : nenen gede nggak ada isinya bayi kok tetep kurus, asinya kurang kali (siap2 terima komen gini yah tapi jgn masukin ke hati)

    blom diajarin perah pake tangan yah? nggak ada salahnya belajar siapa tau butuh...pake pompa juga nggak apa2 sih lebih nggak repot hahhaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha iya ci...makasi yak
      Kemarin belum diajarin perah pake tangan karna masih 33w ci, ntar pas 36w baru diajarin ma dokternya...katanya lbh banyak ya hasil asinya klo perah pake tangan?

      Hapus
  3. jayden tuh sekarang ga mau sama sekali minum pake botol kalo ada gua, lebih milih nenen langsung hahahaha....

    harganya emang lebih mahal daripada carolus ya.. tapi carolus anti banget sama dot hahahaha... ntar abis lahiran bawa si dede ke klinik laktasi lagi... biar diajarin pelekatan yang benar sama perah pake tangan plus pijet2 biar ga bengkak...

    semoga lancar ya asinya... kalo mau nyerah, inget aja...susu formula itu mahalnya amit2 hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha bnrnya dokter rulina ini anti dot mel...cuma gw blng klo gw balek kerja gmn enaknya? makany dia kasih saran seperti itu , iya nih harganya hampir 2x dari carolus ya tp dari gw ke sana jauh juga hahhaha

      amien amien
      thx u ya mel

      Hapus
  4. info laktasi ya guna bgt Mir, gue suka males gugling, hehehehe. thanks yoo Mir :*
    jadi kalo ikut klinik laktasi itu misua ikut ya Mir, noted dink gue tar kalo gue ke klinik laktasi gue ajak c Jo biar dia ngerti :)
    smangat ya Mir nanti buat asinya, gue support lo mir *lempar bola2 smangat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha gw juga agak malas googling wi, rasanya lbh enak dijelaskan secara langsung makany gw ke klinik laktasi, iya dokternya sarani better suami ikut jadi bisa bantu kasih dukungan pas kita ngasi

      amien.....thx u ya wi, lu juga pasti bisa full asi

      Hapus
  5. Nice info ci walo belum merid XD lumayan nambah2 pengetahuan :)

    BalasHapus
  6. Ini info gw bakal bolak balik baca lagi kalo udah hamil nih
    Berguna banget mir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha soon ren...dalam 2bln semoga lu hamil yaakkk

      Hapus
  7. setujuuuu klinik laktasi itu emang penting juga, biar kita jadi lebih tau gimana2nya. yang penting sih niat dan support org2 terdekat terutama suami. semangat ya kak mir semoga lancar bisa kasih asi ke dedeknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi rere ...iya nih ternyata nyokap gw aja kaget pas gw blng konsul ke klinik laktasi hahahhaha apa jaman dulu blm familiar ya?

      Hapus
  8. g baru tau sabun bisa bikin areola itu kering hahaha. Disabunin banyak2 maksudnya biar wangu & bersih ternyata malah jadi kering yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ngel...gw malah suka bersihini hbs itu di sabunin biar bersih yg ada payudara kinclong tp kering hahhahah ternyata tindakan gw menghapuskan pelumas di payudara makany kering kwkwkkw

      Hapus
  9. Mir.. gua belum2 ke klinik laktasi karena cuma ada di hari biasa jam 12 siang. huhuhuhu..

    gua setuju.. support yang paling besar emang suami yaa.. kalo keluarga bisa juga sih.. tapi banyakan kaga. ahahaha.. brainwash suami nih. hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndk papa poy, ntar lu kan ada sesinya ya
      gw aja yg keganjenan ke klinik laktasi ahhahhaha, yup brainwash suami udh paling bener yaa

      Hapus
  10. mir, thank you bgt buat postingan nya..nambah banyak pengetahuan baru dari postingan ini mir.. hehehe.
    ternyata lambung bayi yg baru lahir itu masih kecil banget ya. :p
    jadi ga usah khawatir kalo baru lahir, tapi asi nya belom keluar banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cin...masih kecil banget jadi pas awal2 dia nangis itu kadang bukan karna haus tp kolokan doank jadi cukup di gendong plus di sodorin buat nyusu hehhehe

      Hapus
  11. Semangatt Mir!! Gw support lu lulus ASI.. *lah sape gw*..wkwkw.. Bakal cerewet suruh lu nyusu dan pumping nanti sama makan2an bergizi penunjang..bahahah :D *ya drpd bilang bantu doa kan* :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaa siap aunty pypy...rewelah ke saya

      Hapus
    2. Hahahhaa siap aunty pypy...rewelah ke saya

      Hapus

Ur comment make me happy friend ^___^