Jumat, 04 Desember 2015

My biggest nightmare is Breastfeeding Journey

Dari awal kehamilan, gw dan budi udh bertekad buat ngasih olive full asi *puji tuhan bisa tembus 2th ya* nah untuk menunjang semuanya itu gw bela2in ke klinik laktasi buat konsultasi ttg masalah breastfeeding sedari hamil...dengan modal yg gw dapatin selama konsultasi itu gw yakin gw bisa nyusui olive dengan sakses, kepedean ya? wajib hukumnya biar asi kita lancar jaya pas lahiran. Nah udh tau kan knp gw begitu bodohny berjuang 30 jam buat bs lahiran normal karna selama hamil banyak yg blng kelahiran secara caesar salah satu faktor ibu gagal menyusui anakny smp 2th, nah karna udh niat buat nyusui makany gw tahan semua sakitnya tp pas harus memilih idealis dengan nyawa anak gw lbh milih nyawa anak gw diselamatkan dg cara caesar tp ttp sebelum gw blng iya oke mao caesar gw tanya ke dok musa "dok, klo caesar asinya bisa keluar ndk?", dijawab ma dok musa "ya keluarlah, knp mangny kok bs ndk keluar asinya? ndk ada hubungan lahiran normal or caesar dg keluarnya asi"....hbs dibilangi gitu gw tenang dan setuju caesar hahhahah. 

Nahhh asi gw keluar ndk habis SC? jhahhaha puji tuhan langsung keluar jadi habis olive dibersihan dia udh bisa menikmati colustrum dan IMD sakses dilakukan wlpn agak susah kr puting gw rata dua2nya *iya rata kek jalan tol*, habis itu besok2ny gw ttp belajar menyusui dengan benar wlpn puting gw rata dan gw cm bisa mengatakan gw sangat sangat bodoh menyerap tehnik menyusui dengan benar hahahha entahlah antara yg ngajarin ndk niat or gwnya yg gampang menyerah. Tp karna asi gw bisa dikatakan lancar jadi gw ttp semangat, klo olive rewel itu kr peletakan gw yg ndk bener..nah selama di RS aman2 aja karna gw lebih milih buat menyusui di ruang bayi daripada gw stress2 sendiri di kamar gw, disana kan rame jadi klo mao tanya2 banyak bidan yg seliweran. Pulang dari RS gw udh pede jaya bisa sakses menyusui dirumah dan udah siap lahir batinlah, semuanya berjalan lancar *menurut gw dan budi* karna olive hbs nyusu langsung tdr tp ketenangan dan rasa percaya diri gw cuma bertahan 2minggu karna waktu olive umur 2minggu olive di nyatakan kuning dengan kadar billirubinnya 20, syok dan cuma bisa diem aja gw ma budi karna kita berdua bingung olive nyusu kuat wlpn jarang di jemur karna matahari lg ngirit banget panasnya trus pipis ma pupny jg oke kok bs kuningny tinggi. Dicek sana sini baru ketahuan ternyata olive Tongue Tie dan DSA yg nangani olive sejak lahir udh tau klo olive tongue tie sejak lahir tp ndk pernah ada omongan ke gw ma budi kudu gmn or akibatnya gmn. 

Jadi katanya karna tongue tie olive ndk bisa maksimal nyusu ke payudara gw apalg dengan puting gw yg rata jaya so klop lah anak gw kuning sempurna, kr gw udh ndk bs mikir apa2 jadi saat disarankan untuk di gunting tali lidahnya olive dikit gw ma budi iya2 aja trus olive disinar double, karna gw malas bolak balik jadinya gw buka kamar disamping kamar bayi jadi biar bs nyusui olive sesering dia mao. Saat itu perasaan gw udh kacau balau dan jujur gw tertekan karna semua menyalahkan gw yg ndk bener netekin si olive sampai gw ndk punya rasa percaya diri buat nyusui olive, sampai2 tiap dipanggil suster buat nyusui rasa kaki ini berat banget melangkah tp karna udh tekat buat ngasih asi ke olive jadi gw lawan semuanya dan puji tuhan 3hr dirawat olive akhirnya boleh pulang....masalah selesai kah? nope ini baru awal dari semuanya hahahhaha

Gw ma budi pulang dari rs dengan perasaan bahagia plus perasaan penuh trauma, bahagia karna olive udh sembuh tp trauma karna takut klo olive bakal kuning lg....nah sampai rumah olive minta nyusu kan gw dengan penuh semangat nyodorin payudara buat nyusui dia eeeh ditolah payudara gw ma dia, nolakny itu bikin org nangis karna dia jejeritan sambil berontak. Gw jd keder liat anak gw kek gt, trus tertekan karna nyokap ma budi terus ribut tentang tehnik menyusui gw udh bener apa blm? sumpah gw rasanya pengen teriak dan nangis kejer karna gw udh capek efek ndk tdr berhari2 trus puting gw lecet plus anak nangis kejer dan bonus rengekan org2 disekitar. Sepanjang malam itu sambil nyusui olive *wlpn agak gw paksa anakny buat nyusu* gw ma budi ngobrol panjang tentang semuanya ini dan akhirnya kita mutusin kasih asi ke olive via botol *habis ini gw diterikin ma ibu2 anti botol hahhahahah*.

Jadi sejak hari itu gw stop nyusui ke olive dan gw beralih jadi wanita karier perpompaan hahhaha, yup gw mulai rutin 2 jam sekali pompa trus asinya dikasih ke olive minum...gmn anakny? anteng dan tidur dengan lelap, gw ma budi? tdr juga dengan tenang wlpn sesekali bangun buat kasih dia asip. Gmn rasanya full pompa n ndk nyusui langsung? capek kakak dan sakit tp gw lbh bisa melakukan aktivitas lain klo kegiatan pompa gw udh kelar tp jgn pikir semua berjalan lancar ya dan asi gw langsung terpompa berartus2 ml....awal2 mompa cm dapat 80ml untuk 2PD cukup sih buat olive yang kebutuhannya saat itu masih sedikit tapi karna gw ini type yang gampang stress dan tertekan jadi segala hal sekecil apapun bisa bikin gw drop dan berakibat pada produksi asi gw...Yup dikala olive mulai minum di angka 80 - 100ml dengan durasi 10 - 12x, gw yang 24jam pompa sebanyak 12x cm bisa dapat sekali pompa 80-90ml wahhh saat itu gw bnr2 udh di ambang titik terendah rasanya dan mulai mikir yg aneh2 smp budi ngmng ke gw "Ra, gw ini pelit dan gw ndk rela buat beli sufor yg harganya mahal buat kasih olive minum jadi klo lu harus belajar menata hati ma pikiranlu biar produksi asiny balek lagi". Sejak itu tiap gw mompa gw minta diajak ngobrol ma budi biar gw ndk ngerasa gw lg mompa, ya puji tuhan sedikit2 mulai keliatan ada peningkatanlah dan gw mulai bisa menabung asip beku di freezer buat bekal klo gw balik kantor lagi...........dan masalah 1 lagi muncul *gilee ya full drama banget breastfeeding journey gw ya hahahha* si olive ndk suka asip beku fiuhhhh *jitak juga ini bocah* jadi setelah jalan hampir 1bln gw iseng cobain asip beku ke olive, awalany dia lama banget ngabisin asinya tp gw masih mikir mungkin kedekatan jarakny dari waktu minum sebelumnya jadi dia masih kenyang, lanjut besoknya gw kasih asip beku lg nahhh ini dilepeh2 ma olive *tau kan dilepeh2? ditolak gt jadi dia ndk mao minum asip beku gw* ya owohhh rundingan lagi ma budi enaknya gmn? akhirnya asip beku yg ada 30botol @100ml di buang semua ma budi dan gw mulai kasih olive asip fresh yang asipnya gw hanya taruh di kulkas bawah *kan klo dikulkas bawah tahan maksimal 2x24jam klo ndk salah*.

Nah dengan penerapan asip fresh ini waktu gw cuti aman2 aja kan, malah enak angetin bentar trus kasih ke anaknya tp yang jd masalah klo gw ngantor pegimane kakak? nah 2minggu sebelum gw balek ngantor gw ma budi bikin semacam stimulasi kondisi klo gw ngantor jadi dari jam set 8 pagi sampai jam 6 sore olive di pegang full ma budi dan gw tugasnya cm pompa sama kerjaan rumah tangga...trus tiap habis pompa gw catat gw dapat berapa ml dan tiap budi ngasih asi ke olive juga dicatat, ribet ya? hahhaha yup kita sengaja buat kondisi seperti ini karna kita pengen tau ini anak dalam 24jam minum berapa banyak? selama jam kantor gw kudu nyiapin berapa botol buat dia minum plus saat masa growth spurtnya? trus pengen tau juga gw seharian itu menghasilkan berapa banyak asi? Hasilnya? ternyata perasaan gw yg selalu bilang asi gw dikit n kekny ndk cukup buat olive malah ndk terbukti karna gw selalu hasilin lebih banyak dari yang dia minum, jadi olive itu rata2 minum 8 - 10 botol @100ml dalam seharian tp klo lg growth spurt bisa nembus 12 botl @100ml  makany gw selalu nyiapin maksimal 10 botol dikulkas klo gw ngantor. 

Gw cemen ya? ndk mao usaha terus buat nyusui langsung?
cari jalan pintas dengan pompa? trus malah bangga share pengalamanny?

Gw cuma bisa jawab...terserah kalian mao bilang apa, olive ini anak gw dan terserah gw mao memperlakukan anak gw seperti apa...lagian yang gw lakukan tidak termasuk tindakan kejahatan kok *klo undang2 blm di revisi ya* karna gw tetep kasih olive asi tanpa ada campuran apapun cm gw hanya mengganti media pemberian asi doank. 

Tidak menyusui secara langsung bikin asi kering? dengan tegas gw katakan semua itu ndk bener karna yang bener asi itu diproduksi dengan rumus "Supply = Demand" jadi semakin sering pompa or nyusui langsung makany otak akan menyampaikan ke pusat produksi asi untuk memproduksi asi lagi dan lagi, dan 2 hal yang harus di pegang klo mao produksi asi stabil : konsisten pompa 2 - 3jam sekali dan bersyukur berapapun hasil pompaannya. Gw saat ini udh lepas dari segala macam booster asi, hasilnya? produksi asi gw puji tuhan baik2 aja karna booster asi terbaik adalah otak dan hati kita...selama kita happy dan ikhlas dlm pompa asi pasti asinya lancar jaya.

Gw bikin postingan ini bukan menyarakan para ibu muda or ibu hamil buat mengikuti jejak gw, tetaplah menyusui dengan langsung karna rasanya lebih indah...beneran loh gw kadang kangen nyusuin olive langsung, klo pas kangen gt suka gw iseng nyusui dia langsung wlpn jadinya dijadiin empeng ma olive tp gw udh happy banget. Tp klo toh kalian akhirnya ada yang mengikuti jejak saya, percayalah jgn takut untuk mempublish kr takut di judge karna yang kita lakukan ndk dosa kok kakak.  



21 komentar:

  1. Manknya kenapa ci klo asi pake botol? salah ya? sebagai yg awam sih mnrt ak mau gimana metodenya asal si baby tercukupi makannya dan gk pake cara2 aneh sih welcome2 aja menurut ak :3

    Semangat ci jgn dengerin orang yg judge n nyinyir, km mamanya olive, tau yg terbaik buat olive :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katany klo ndk netekin langsung bisa kering asiny nie karna kenyotan baby itu yg menstimulasi produksi asi biar banyak, trus botol bs bikin bingung puting yg bikin baby ndk mao netek lg ke ibuny langsung kr udh keenakan pk dot

      thx u ya nie

      Hapus
  2. ci.. hati yang gembira adalah obat.. hihi.. semangatttt..

    BalasHapus
  3. Hai Mira! Salut banget sama perjuangan kamu buat pumping! Sebagai orang yang pumping 3 kali di kantor, saya ngerti banget kalau pumping itu butuh mood yang happy, plus konsisten. Capeknya berasa banget lah, ya. Semangat ya! Apapun medianya, yang penting isinya ASI. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak naomi...thx udh mampir
      Hooh mbak bener banget, rasa capekny udh ndk bs digambarkan deh...thx y mbak
      yupp setubuh yg penting asi ya

      Hapus
  4. apapun medianya yg penting yang lo kasi itu asi mir, sebodo teing deh ama org yg kasi judgement ga diayak. anak ya anak qta, qta lbh tau baiknya gimana. bukan ga mau dgrin omongan org tapi omongan org tuh suka main lepeh aja ngmgnya *mgkn ini bisa terjd sama gue nanti*
    smangattt ya mir!! lo tau pergumulan gue kalo gue takut ga bisa kasi asi tp apa yang uda di share buat gue yakin kalo gue pasti bisa asi juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp wi...positif aja pasti kita bisa kasih asi yang memang terbaik buat anak kita
      pikiran positif bisa bikin asi lancar wi klo ndk pas hbs lahiran pancing dg pompa asi tp yg manual itu efek bgt katany

      Hapus
  5. Yang penting Olive bisa full asi ya mir, jadi apapun cara, medianya rasanya sah-sah aja kok.
    Semangat mir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhe iya nic...makanya skrng bnr2 berjuang mengalahkan rasa kantuk dan capek klo waktuny mao pompa

      Hapus
  6. mirr..30 botol 100ml dibuang #syokkk... klo g bisa nangis2...hikss... olive udah bisa bedain rasanya asi beku sama fresh y...pinter banget...

    waktu g awal2 ryu juga gak mao nenen langsung, akhirnya g juga pake botol..habis daripada anak kita gak minum asi yoo..apapun caranya sah2 ajaa..^^ g sempet dikomplain sih sama tetua2 sampe2 si ryu dipaksa buat nenen, walopun dy gak mao isep mulutnya tetep di tempelin ke payudara g,tega gak tega sih tapi syukur akhirnya dy mao nenen langsung...

    ngedenger perjuangan u buat pompa asi aja udah luar biasa mirr...>.< tetap semangat yaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nat...pas dibuang gw ndk dikasih liat ma budi takut gw sedih n drop hahhahha, nahhh andai ada yang bantuin gw buat maksa pegangi olive pas netekin pasti gw bisa buat netekin langsung fiuhhh tp sudahlah udh lewat skrng fokus ngasih asi dia smp 6bln bahkan klo diijinkan smp 2th
      heheheh thx u nat

      Hapus
  7. he eh.. ngasih asi emang ga gampang..
    kalo kata buku: breastmilk is natural, but breastfeeding doesn't come naturally
    gw juga exclusive pumping buat anak ke-2.. ga sanggup hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh ci bnr...dulu pas hamil naif banget rasanya ak klo tinggal sodorin tetek ke anakny hahhaha ternyata kudu berperang dulu dan saya kalah juga akhirnya

      jadinya anak ke 2 mu gmn ci? balek netekin langsung ?

      Hapus
  8. Loh... gw sering baca kok banyak yg sukses exclusive pumping. Malah menurut gw keren banget ibu2 yg kaya elo. Perjuangannya lebih berat drpd nyusuin langsung menurut gw. Semangat! Btw tips soal asi beku. Raka juga ga mau minum asi beku krn stelah breaksi ada rasa 'besi' nya. Tips nya stelah diperah, sebelum masuk kulkas, panasin dulu asi nya sampai hampir mendidih (tapi jangan sampai mendidih) abis itu baru turunin suhunya pelan2 sampe akhirnya bisa masuk freezer..rasa 'besi' nya jadi jauhb berkurang. memang tidak ideal tapi daripada tabungan asip nya terbuang. Lumayan buat cadangan kalo keadaan darurat.
    Dina-ceritabendi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii din, thx u ya din dirimu tdk mengjugde
      boleh juga tipsny
      thx u ya din

      Hapus
  9. gua juga nangis waktu asip berliter2 kebuang gara2 mati lampu 4 hari dulu... ngumpulinnya susah2, buangnya gampang banget hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa klo sekulkas gw bisa nangis darah mel hahhaha

      Hapus
  10. Ci salut gw ama U, bener2 perjuangan bgt... gw pompa ja ga sebanyak U, masih dikitttt bgt. Tp gw tetep usahain pompa klo anak lg bobo, soalnya klo kebangun lgs nyusu mulu dia.
    Ya ampun itu 30 botol dibuang (T_T) klo gw ud nangis bombay kali ci....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat na...pasti bisa asal konsisten pompa tp klo lu udh nyusui langsung malah enak ndk perlu pompa kek gw klo ndk bengkak banget hehehehe

      Hapus
  11. semangat terus yah maminya oliveeee, gausah dengerin orang lain yang penting olive tetep bisa full asi.. semangat pumpingnya yah kakmir :D

    BalasHapus

Ur comment make me happy friend ^___^